Kamis, 29 Juli 2010

AB atau No AB

Belakangan ini, gencar sekali orang tua disarankan untuk smart medicine. Artinya orang tua harus smart dalam memberikan obat untuk diberikan kepada anak mereka, walaupun obat tersebut diresepkan oleh dokter. Para orang tua diwajibkan untuk ikut selektif menyaring obat2 yang diberikan oleh dokter, dan meminimalisasi penggunaan Antibiotik (AB) kepada anak2nya.
Masalahnya nih...ga semua dokter seneng dan secara sukarela menjelaskan ingredients resep racikannya yan kebanyakan isinya bermacam-macam dengan obat2an yang tidak familiar oleh orang tua (racikan). Dan kalaupun ditanya dokter akan menjawab sesingkat mungkin, seperti enggan memberitahu kepada kita. Memang sih dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kita tinggal search internet dan muncullah berbagai macam keterangan mengenai obat tersebut lengkap beserta dosis dan kontradiksinya, dan akhirnya terserah pada keputusan orang tua apakah mau memberikan kepada anaknya atau tidak.Tapi kan ga semua orang melek teknologi dan ga semua orang ngerti yang namanya internet.
Gw sendiri sebagai orangtua kadang dilema kalo mau berikan obat terutama AB kepada anak gw. Di satu sisi kalo dokter sudah kasih AB gw percaya mungkin emang itu yang diperlukan anak gw, secara gw biasanya baru ke dokter kalo Retha keadaannya gw dah ga bisa handle lagi. Jadi udah lebih dahulu gw lakukan pengobatan tradisional tetapi setelah beberapa lama malah tambah parah ataupun tidak membaik. Makanya kalo udah kaya begini kan pasti posisi ortu udah terjepit yah...mau kasih AB atau kaga...kalau engga dikasih takut anak tambah parah dan malah lebih sulit lagi nantinya.
Kadang sih gw emang kasih aja langsung ke retha AB tersebut tapi dengan lebih dahulu search internet komposisi obat serta kontraindikasinya. Kaya kemaren pas retha katanya didiagnosis radang, langsung aja dokternya meresepkan AB tanpa ba bi bu ngejelasin, dan pas gw tanya emang harus AB dok, langsung dijawab Iya soalnya udah radang.
Waktu share ke temen2 ada juga yang kontra bilang kalo radang mah ga usah dikasih AB, terus gw tanya jadi harus dikasih apa...dia baca di artikel yang dikirimkan oleh dr Wati, jadi kalo anak radang harus dilihat dulu perkembangannya selama 3 hari kalo tidak ada perkembangan baru boleh dikasihkan AB. Wah jelas aja gw males ngikutinnya soalnya nungguin 3 hari kayanya cukup lama yah dengan kondisi Retha ga mau makan, minum susu males...duh gw ga tahan deh..
Akhirnya dengan insting seorang mami tetep deh gw kasihin tuh obat...mungkin gw ga cocok dengan gaya yang harus sabar menunggu secara gw kan orangnya parnoan..tapi gw berharap memang gw bisa selektif sih kalo ngasih obat ke Retha terutama AB. Moga2han ke depannya dokter2 kita lebih transparan, ga mata duitan dan juga mau ngemong pasien2nya untuk jadi smart patient.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar